Kerohanian Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang

Kamis, 16 Maret 2017

Desir Kerinduan di Bulan Ramadhan



“Memaknai Sejengkal Keistimewaan Bulan Ramadhan”

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh..
Bulan Ramadhan merupakan bulan suci penuh rahmat yang telah Allah SWT berikan kepada manusia di bumi. Di bulan Ramadhan ini Allah SWT turunkan tak terhingga beribu bahkan jutaan pahala yang diperebutkan oleh setiap manusia. Tidak terasa, tinggal beberapa hari, bulan penuh berkah ini datang dan menghiasi kembali hari-hari kita dengan lipatan pahalanya. Rasa syukur dan bahagia tentu dirasakan oleh setiap manusia yang masih bisa bertemu dengan bulan dimana Al-Quran sebagai petunjuk manusia itu turun. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan bulan Ramadhan itu?


Sudah dijelaskan secara rinci didalam Al-Quran bahwa “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa diantara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkan itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.” (Q.S Al-Baqarah : 185) 


Lalu apa keistimewaan yang didapatkan dari bulan yang penuh berkah ini? Jika kita memahami dan menghayati setiap ayat dan perkataan yang diturunkan oleh Allah SWT, kita akan dapat menemukannya. Di dalam ayat tersebut Allah SWT menyebutkan ada dua keistimewaan di Bulan Ramadhan, yaitu :


Keistimewaan yang pertama, Bulan ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya di turunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Kitab yang di dalamnya terkandung kemaslahatan (kebaikan) dan kebahagiaan (kemenangan) bagi umat manusia, serta kemaslahatan di dunia dan di akhirat.


Keistimewaan yang kedua, diwajibkannya berpuasa di bulan itu kepada umat Muahmmad SAW. Allah memerintahkan hal tersebut dalam firman-Nya yang artinya “Karena itu, barangsiapa diantara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah.” (Q.S. Al-Baqarah : 185)


Subhanallah begitu besar Allah memberikan kebaikan kepada kita. Bersyukurlah kita yang masih sempat untuk betemu dengan bulan yang Agung ini. Dengan itu perlu lah kita untuk senantiasa memperbaiki diri dan menjadikan diri kita lebih baik lagi dan lagi. Agar nantinya ketika di bulan ramadhan, kita dapat menemukan sejengkal keistimewaan dan keberkahan yang senantiasa Alah berikan kepada kita. Dan senantiasa untuk tetap beristiqamah menjalankan setiap apa yang diperintah dan menjauhi segala yang dilarangnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh..

 Oleh: Eka Yuniati

0 komentar :

Posting Komentar

Popular Posts

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.